met gabung ..

met gabung aj y... :D

Selasa, 25 Januari 2011

Menemukan Vokal Kepala (Head Voice)


Range vokal setiap orang berbeda-beda. Standar normal umumnya orang memiliki dua oktav. Semakin panjang rang vokal seseorang, semakin memungkinkan dia untuk membawakan berbagai jenis lagu dengan baik. Dengan catatan, dia memiliki kemampuan/teknik vokal yang baik pula tentunya.

Seseorang yang bertipikal vokal bass, bariton, alto, dan mezo sopran, biasanya memiliki rang vokal yang pendek. Lain halnya seseorang yang bertipikal vokal tenor atau sopran, biasanya ia memiliki range vokal panjang. Namun, terkadang ada juga, meski ia bertipikal bass, tapi memiliki range vokal panjang. Sebaliknya, orang yang bertipikal tenor tapi range-nya pendek.

Pemahaman terhadap tipikal vokal sangat penting. Terutama untuk menentukan nada dasar ketika hendak bernyanyi. Bagi Anda yang bertipikal vokal rendah, jangan khawatir kehilangan kesempatan bernyanyi. Tak masalah. Anda bisa menyesuaikan nada dasar di mana Anda mulai bernyanyi yang sesuai dengan jenis suara Anda. Misalnya dengan menurunkan nada dasar dari penyanyi aslinya. Ilmu vokal bukanlah ilmu eksak.

Pada dasarnya range vokal seseorang bisa ditingkatkan. Ada beberapa jenis latihan yang dapat membantu meningkatkan range vokal. Salah satu di antaranya adalah dengan teknik ”vokal kepala” atau ”suara langit-langit”.

Output vokal seseorang secara natural terbagi dua, yakni vokal kepala dan vokal dada. Vokal kepala adalah vokal yang dihasilkan dari langit-langit atas rongga mulut. Sementara vokal dada adalah vokal yang dihasilkan dari rongga dada.

Untuk menemukan vokal kepala. Mulailah dengan latihan berikut:

Tentukan nada terendah yang mampu Anda bawakan dengan baik, nyanyikan solmisasi (do re mi fa sol la si do) dari suara terendah tersebut hingga nada tertinggi yang Anda kuasai. Pada saat vokal Anda tidak mampu mengeluarkan nada tertinggi dengan baik atau sampai Anda membutuhkan untuk mengubah nada Anda ke dalam vokal kepala.

Mulailah lakukan dengan menggunakan vokal kepala. Caranya ”lemparkan” suara di dalam rongga mulut Anda ke atas langit-langit. Rasakan suara Anda menjadi lebih ringan dan jaga agar tetap bright (jelas). Pada tahap awal, jika Anda menggunakan vokal kepala dengan baik akan terasa dahi atau kepala Anda bergetar. Untuk tahap awal biasanya akan terasa sedikit pusing.

Selain itu ada juga teknik lain, yaitu dengan menggunakan teknik falseto dan kop stem.

Selain Solfegio, salah satu bentuk latihan yang sangat membantu untuk meningkatkan range vokal adalah melalui latihan Hamming. Latihan ini menekankan pada pembiasaan untuk menggunakan teknik vokal kepala.

Caranya, tentukan salah satu lagu favoritmu, pilih lagu yang berjarak nada tinggi atau yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, nyanyikan……… tapi tidak menggunakan lirik sebagaimana biasanya….. melainkan ganti liriknya menggunakan huruf / bunyi “N” atau “M”. Jadi, seperti sedang bersenandung. Bernyanyi …….. nnnnnnnnn…. Atau….. mmmmm.

Nah, pada saat nada tinggi, coba pake vokal kepala (head voice), hal ini bisa membantu meningkatkan jangkauan nada.

20 komentar:

  1. bermanfaat nih.
    oiya, berarti kalo misalkan nyanyi nada tinggi terus kepalanya terasa pening-pening gitu, apa itu udah mencapai head voice?

    BalasHapus
  2. Akhirnya mengerti juga !! Thank banget!! Tinggal praktek aja, & kalo aku latian ini aku punya 3 suara, cowo, cewe, & head voice #yay

    BalasHapus
  3. bisa bang , tapi gw langsung 2 hari sakit kepala :D

    BalasHapus
  4. bagaimana cara melemparkan suara ke langit"? saya masih merasa suara saya berat. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latihan vokal dengan cara do-re.. Sampe tingkatan tertinggi, tapi jangan sampe teriak, atau bisa kamu coba pake falset dulu nanti juga bisa sendiri, sering" nyanyi aja

      Hapus
  5. thanks for the info..

    btw ini saya jg baru blajar head voice, karena head voice ini sangat penting sekali menurut saya. ketika mau nyanyi nada tinggi namun support range kita limit maka kita bisa pake tuh head voice.. membunyikan head voice mungkin mudah, yg sulit menurut saya adalah transisinya dari suara dada ke head voice, karena tanpa teknik yg mencukupi bakalan break dan itu ngga enak didenger harusnya bisa smooth transisinya. saya baru blajar transisi ini.

    transisi suara dada ke head voice sulit sekali buat saya, lebih mudah ke falseto menurut saya. tapi banyak yg bilang kalo secara teknik mending pake head voice daripada falseto.

    ada yg bisa bantu saya supaya transisinya smooth?

    thanks sebelumnya, saya tunggu reply kalian hehe πŸ˜ŠπŸ˜€πŸ˜‰

    BalasHapus
  6. thanks for the info..

    btw ini saya jg baru blajar head voice, karena head voice ini sangat penting sekali menurut saya. ketika mau nyanyi nada tinggi namun support range kita limit maka kita bisa pake tuh head voice.. membunyikan head voice mungkin mudah, yg sulit menurut saya adalah transisinya dari suara dada ke head voice, karena tanpa teknik yg mencukupi bakalan break dan itu ngga enak didenger harusnya bisa smooth transisinya. saya baru blajar transisi ini.

    transisi suara dada ke head voice sulit sekali buat saya, lebih mudah ke falseto menurut saya. tapi banyak yg bilang kalo secara teknik mending pake head voice daripada falseto.

    ada yg bisa bantu saya supaya transisinya smooth?

    thanks sebelumnya, saya tunggu reply kalian hehe πŸ˜ŠπŸ˜€πŸ˜‰

    BalasHapus
  7. Masih g ngerti,mau nangis rasanya

    BalasHapus
  8. Baru mau blajar .. lbih bgua lagi kalo ada audiony biar bisa latihan bareng ma coachnya heheeπŸ˜„

    BalasHapus
  9. mash blm bisa bedain suara falsetto dan head voice sendiri....

    BalasHapus
  10. Makasih akhirnya gw bisa
    Tapi nyanyi 2 lagu trus pusing

    BalasHapus
  11. makasih gan artikel sangat bagus dan membantu kunjungi juga obat bius

    BalasHapus
  12. Abang abang sekalian numpang tanya dong.. Kok setiap saya memakai nada tinggi yg getar malah area hidung dan bawah mata bukan dahi saya �� .. Apa saya benar atau memang saya salah mempelajarinya?

    BalasHapus
  13. Oh iya , sekedae Tips , buat kalian Yang susah mencari Register Head Voice , Coba Humming dulu... Dan LipThrill , jikalau pusing , berarti latihannya benar... Saya pun masih Belajar Bernyanyi Seriosa dengan Olah Vokal tersebut

    BalasHapus
  14. Numpang nanya ya kak, cara atasi suara membesar saat nada tinggi itu gimana ya?
    Makasih

    BalasHapus
  15. Dengerin lagu2 dewa 19, yang vokalisnya once, itu dia punya suara head voice,tekhniknya once dari dada kehidung terus naik ke kepala, suara yang di hasilkan kaya orang pilek cuma lebih halus, alhamdulillah setelah latihan hamming udah ada head voice saya cuma belom ada powernya, gimana cara ningkatin power head voice

    BalasHapus
  16. abang abang mau ty, klo vokalis guyon waton itu head voice ya. gmna bsa indah gtu ?

    BalasHapus