met gabung ..

met gabung aj y... :D

Selasa, 25 Januari 2011

Nada Fals


Untuk Anda yang sudah sering bernyanyi di berbagai event dan sudah berlevel advanced, pasti ingin meningkatkan kualitas teknik menyanyi yang benar. Teknis menyanyi yang baik saja tidak cukup kalau Anda ingin menjadi seorang penyanyi profesional. Anda harus menyanyi sesuai pakem dan tata-cara yang benar supaya lagu yang Anda nyanyikan bisa dinikmati semua orang.

Biasanya masalah yang sering muncul pada seorang penyanyiadalah munculnya nada yang meleset atau fals sewaktu bernyanyi, dan tingkat kesulitan lagu yang belum bisa ditaklukkan.

Ini wajar saja karena seorang penyanyi harus meningkatkan kualitas dan kontrol vokalnya. Dibutuhkan konsentransi dan penjiwaan tinggi untuk menaklukkan setiap nada dan tingkat kesulitan selama bernyanyi.

Mengatasi Nada Fals yang Muncul

Sewaktu bernyanyi, kadang Anda kehilangan kontrol nada. Sebabnya bisa jadi apa saja, tapi sebab yang paling umum terjadi adalah menurunnya konsentrasi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi nada fals, dibutuhkan latihan konsentrasi yang tinggi dan kepekaan indera pendengar. Latihan paling mudah tentu mendengarkan lagu yang Anda nyanyikan secara berulang-ulang. Kalau tidak memungkinkan, Anda bisa melakukan latihan sendiri yang bernama solfegio atau solfej

Latihan solfegio bisa membuat telinga Anda lebih sensitif dengan nada yang Anda ucapkan. Caranya adalah dengan mengambil 4 nada naik dan 3 nada turun (istilah ini juga dikenal dengan nama latihan “miamo-ami”. Misalnya, ambil saja nada do-re-mi-fa-fa-mi-re, lalu lanjutkan dengan nada re-mi-fa-sol-sol-fa-mi, dan ambil nada seterusnya.

Cukup mudah bukan? Dengan begitu, Anda bisa lebih mengenal dan tidak akan salah membedakan mana nada re, mana nada mi, dan setereusnya, karena Anda mengambil nada ini berulang-ulang.

Mengatasi Range Vokal dan Tingkat Kesulitan Lagu

Masalah lain yang muncul dalam belajar teknik menyanyi yang benar, biasanya berupa range vokal atau tingkat kesulitan lagu yang dinyanyikan. Untuk Anda yang memiliki range suara pendek, ada cara untuk menaklukkan nada-nada vokal range tinggi. Caranya adalah dengan mengambil teknik falseto atau head voice atau istilah nada palsu.

Nada ini tidak dikeluarkan dari pita suara Anda, tapi Anda keluarkan dari kepala Anda. Biasanya nada yang keluar dari kepala memang lemah dan tidak berpower. Tapi Anda masih bisa menyiasatinya dengan teknik miking, atau lebih mendekatkan mikrofon ke mulut Anda.

Kalau tingkat kesulitan lagu yang menjadi masalah, Anda bisa mengatasinya dengan mengubah kunci atau Anda bisa mencapai range lagu itu. Ini cara paling aman dan tidak berisiko. Anda bisa coba menyanyikan lagu Mariah Carey ataupun Michael Bolton yang terkenal sulit, dengan cara mengubah aransemennya.

Lagu versi Anda memang akan memiliki nada lebih rendah, tapi akan tetap pas dan enak didengar. Tapi kalau Anda ingin mengambil kunci dan nada yang sesuai dengan lagu, Anda perlu berlatih ekstra keras dan kontinyu.

Semuanya tergantung Anda dan sah-sah saja selama output suara Anda maksimal. Belajar teknik menyanyi yang benar memang tidak mudah, tapi percayalah, semua penyanyi kenamaan idola Anda pasti mengalami fase yang sama dengan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar